PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMECAHAN MASALAH SISWA SD

Authors

  • Febri Annisa Sella,Komala Sari Harahap,Lia Sintia,Sufina Khairani,Elvi mailani,dan Maya Alemina Ketaren Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

Realistic Mathematics Education, Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Matematika, Siswa Sekolah Dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Realistic

Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah

matematis siswa sekolah dasar. RME adalah pendekatan pembelajaran yang

menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata yang dapat ditemukan

siswa dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah

penelitian kualitatif dengan mengkaji hasil penelitian terdahulu yang relevan

dalam konteks pembelajaran matematika di sekolah dasar. Berdasarkan analisis

terhadap berbagai studi, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan RME

dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini

terbukti pada berbagai materi seperti geometri (keliling dan luas trapesium serta

layang-layang), operasi hitung campuran, dan pecahan senilai. RME juga

berperan dalam meningkatkan self-esteem dan self-efficacy siswa dalam belajar

matematika, yang pada gilirannya memperkuat motivasi dan kinerja mereka.

Selain itu, media pembelajaran yang digunakan dalam RME, seperti geoboard,

dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan memfasilitasi pemahaman

konsep-konsep matematika dengan cara yang lebih konkret. Penelitian ini

memberikan gambaran bahwa RME bukan hanya meningkatkan kemampuan

kognitif siswa, tetapi juga mendukung perkembangan emosional dan sosial

mereka dalam konteks pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2024-11-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMECAHAN MASALAH SISWA SD. (2024). JURNAL MESIN INDUSTRI SAINS DAN MATEMATIKA HARAPAN, 4(01). https://edumov.ourhope.biz.id/ojs/index.php/jm/article/view/10